Sabtu, 02 Maret 2013

My Awesome First Job Ever!!! :3

Assalamu'alaikum,,
hi blogger...
sudah 1 th saya absen posting ^^'a


Kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai "My Awesome First Job Ever" :)
Saya termasuk tipe orang yang cendrung idealis memilih pekerjaan,, sejak lulus dari Program Studi Biologi FMIPA UNLAM september tahun lalu saya lumayan bingung menentukan langkah hidup selanjutnya. Jujur, saya kurang berminat dengan lowongan pekerjaan di daerah sekitar tempat tinggal, sempat terpikir justru ingin lanjut S2 saja...

Cukup lama saya mencari info pekerjaan dan beasiswa magister sains, suatu hari di pertengahan bulan oktober 2012, saya membaca postingan teman saya yang bekerja di Dinas Perikanan Prov.Kalsel tentang lowongan sebagai Pendamping Pembangunan Kebun Raya Daerah (KRD), lowongan ini berasal dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor - LIPI. Yap!!! LIPI!!! Ini adalah salah satu Lembaga impian saya untuk bekerja... Subhanallah,, "ini kesempatan bagus!" pikirku. Dengan segala resiko untuk "bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia" saya mengirim aplikasi lamaran kerja melalui POS sambil berkata "Bismillahirrahmanirrahim, ya Allah, jika ini pekerjaan yang terbaik untukku, mudahkanlah..." dikirimlah applikasi itu (tanpa tahu kapan pengumuman kelolosannya)

1 bulan berlalu, memasuki bulan november...

1 pesan teks masuk ke dalam samsung galaxy pink-ku, isinya kurang lebih menyatakan "anda lolos tes administrasi silahkan cek website kebun raya bogor". Masih dengan perasaan tidak percaya dan kaget, kuajak galaxy pink-ku berselancar ke www.bogorbotanicgardens.org. Benar saja, namaku tertera di antara 480 peserta yang lolos lainnya. Ya! 480 orang seingatku...jumlah yang cukup fantastis untuk disaingi oleh seorang mahasiswi lulusan Univ.Negri daerah, sempat terbesit keraguan untuk mengkuti tes tulis di bogor... tapi, akhirnya saya sampai juga di bogor :) - ikut tes tertulis - bertemu orang-orang pintar lain yang lolos tes administrasi. Secara keseluruhan tes tulis ini memuat materi perkebunrayaan, English language, dan pengetahuan umum. Entah kenapa saya merasa tes-nya tidak terlalu sulit :) Alhamdulillah (mungkin karena sebelumnya saya memaksa otak untuk hapal dan mengerti perpres no.93 th 2011 ttg kebun raya) hho, tapi tetap, pembawaan saya yang kurang percaya diri berpikir "apa bisa saya bersaing dengan lulusan univ.negri unggul lain?" hemh... Lahaulawalaquwataillabillah saja.
Selang beberapa hari kemudian, saat hari pengumuman, saya ajak ibunda saya untuk berjalan-jalan keliling kebun raya, membunuh waktu menanti sore sekaligus mengenang indahnya Kebun Raya Bogor (KRB) jika seandainya saya tidak diterima kerja... seperti biasa, saya paksa galaxy pink berselancar ke website KRB,
dag dig dug dibuatnya,,
dan...

Alhamdulillah,,
masih diberi kesempatan lolos oleh Allah :) saingan berkurang drastis! 480 ke 60! berikutnya tes wawancara... saya mulai percaya diri bahwa saya juga mampu! InsyaAllah... #amin :3 selanjutnya saya menjalani tes wawancara dengan cukup rileks (dan kemarin setelah diklat di bogor saya baru tau, pewawancaranya ternyata pejabat-pejabat KRB semua) #LOL >o< 

Singkat cerita,, akhir desember (sebulan setelah wawancara) nama saya kembali tertera diantara 20 orang yang lolos sebagai pegawai tidak tetap Pusat Konservasi Kebun Raya Bogor - LIPI untuk mendampingi pembangunan kebun raya daerah. Alhamdulillah #sujudsyukur :3 
 Awal tahun Januari 2013 pun terasa sangat menyenangkan, saya kembali berangkat ke Bogor untuk mengikuti diklat perkebunrayaan di KRB, selama 1 bulan kami para KRD LIPI 2013 dibekali dengan materi perkebunrayaan, registrasi koleksi, pembibitan, eksplorasi, pemeliharaan koleksi, kultur jaringan, bahkan reintrodukasi tanaman langka. ^~^ 



Sungguh pekerjaan pertama yang mengagumkan, mengagumkan dengan segala perjuangan dan pengorbanan yang harus ditempuh untuk mencapainya. And, here I am... disini kelak aku akan menjadi bagian dari sejarah dibangunnya kebun raya daerah ^^ (FYI: akhirnya saya ditempatkan di Kebun Raya Banua Kalsel) - kembali bercengkrama dengan tempat tinggal selama 12 tahun terakhir, dengan panas teriknya matahari kalsel, dengan tanah kering merah berpasirnya dan dengan keluarga tercinta -

saya bangga bisa sampai disini, saya bangga dengan pekerjaan saya :)
semoga berkah :)

 nb: 
  • "Kebun raya adalah kawasan konservasi tumbuhan secara ex-situ yang memiliki koleksi tumbuhan yang terdokumentasi dan ditata berdasarkan pola klasifikasi taksonomi, bioregion, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersebut untuk tujuan kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan" #PerPres no.93 2011
  • Pembangunan Kebun Raya Daerah menjadi Program Prioritas Nasional ke-9 (PN 9) dan tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)
  • info tentang KRD LIPI 2013 dan pembangunan kebun raya lain bisa diakses di http://krdlipi.wordpress.com/      

3 komentar:

  1. mau tanya penempatan didaerah nya berapa lama ya?

    BalasHapus
  2. Selamat sore kak...kak mau bertanya kemarin diwawancara tentang apa saja ya ka?Terimakasih

    BalasHapus